Tutorial/Cara Membuat Peta Menggunakan QGIS

Hallo sobat setia prijayablog, kali ini saya akan bagikan tutorial untuk membuat peta, hmm gak biasanya ya, haha, sebenernya ini adalah tugas kuliah saya, berhubung saya cari tutorial untuk membuat peta dengan QGIS di google masih sulit ditemukan, ya saya share aja di blog, kali aja bisa membantu teman-teman pemula yang mau belajar pake aplikasi Quantum QGIS ini, btw, saya juga pemula sob, jadi mohon maaf ya kalau tutorialnya sedikit berantakan, hehe, oke deh langsung aja masuk ke tutorialnya, dibawah ini, simak baik baik ya sob.


Figure 1.Insert Gambar Peta Yang Mau diblat/jiplak
1. Cara pertama yaitu membuka file/gambar peta dengan cara, drag drop file/gambar peta yang mau anda jiplak atau blat ke aplikasi QGIS.


Figure 2.Jiplak peta dengan polygon tools
2. Jiplak peta yang sudah anda masukkan tadi dengan menggunakan polygon tools, dengan cara, klik menu layer, lalu create layer à new shapefile layer kemudian akan muncul form, lalu pilih polygon dan kasih nama field terserah anda, lalu klik ok, setelah itu tinggal anda blat atau jiplak garis peta sesuai peta yang anda inginkan, setelah selesai, klik kanan dan jadilah seperti gambar diatas.


Figure 3.Memecah peta per desa
3. Berikutnya yaitu memecah peta kecamatan menjadi beberapa bagian atau membuat desa pada peta, dengan cara klik menu edit lalu pilih split features, lalu tinggal buat garis sesuai desa yang anda mau buat.


Figure 4.Membuat database peta desa
4. Setelah desa selesai dibuat, anda bias edit databse atau ID desanya dengan cara klik open attribute table pada menu SQIS sebelah kanan atas, lalu silahkan isi id sesuai keinginan anda., setelah itu klik ok.


Figure 5.Mewarnai peta/desa


Figure 6.Sesudah diberi warna


5. Kemudian anda bisa mewarnai peta/desa yang telah anda buat tadi dengan cara, klik 2x pada layer peta sesuai nama yang anda buat tadi lalu akan muncul form layer properties seperti pada gambar diatas, lalu ubah opsi paliong atas menjadi categorized, lalu pilih column, 123id lalu klik classify, maka akan muncul id sesuai desa yang sudah anda buat tadi, tinggal anda ubah warnanya saja.


Figure 7.Memberi nama desa 
6. Berikutnya dalah memberi nama desa pada lokasi sesuai peta yang suidah anda buat, caranya cukup mudah, yaitu dengan cara klik menu text annotation pada menu kanan atas ( lihat gambar ) setelah itu tinggal anda klik pada lokasi desa yang mau anda beri nama, begitu seterusnya.


Figure 8.Membuat Jalan
7. Berikutnya adalah cara membuat jalan pada peta QGIS, caranya yaitu dengan membuat layer baru, caranya mirip dengan nomor satu tapi kali ini jangan pilih polygon, tapi pilih line, nah setelah terbuat layernya, klik icon pencil kemudian klik add feature, lalu tinggal gambar saja jalannya sesuai keinginan anda.


Figure 9.Membuat Titik Lokasi/Rumah
8. Berikutnya adalah membuat titik lokasi, semisal rumah, gunung, masjid dll, caranya cukup mudah, caranya dengan membuat layer baru, mirip dengan cara nomor satu, tetapi kalik ini jangan pilih polygon, tetapi pilih point lalu klik cion pencil dan add feature, lalu tinggal anda tentukan/buat titik mana saja yang akan anda tandai.

Nah, itulah tutorial mengenai Tutorial/Cara Membuat Peta Menggunakan QGIS bila ada yang ingin ditanyakan silahkan komentar ya sob, sebisa mungkin akan saya jawab kok sob,semoga bermanfaat.

0 Response to "Tutorial/Cara Membuat Peta Menggunakan QGIS"

Post a Comment