Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root WORK 100%

Seiring dengan berjalannya waktu, smartphone android mulai banyak digunakan oleh pengguna smartphone indonesia, ya sistem operasi android memang sangat populer dan mudah dalam penggunaannya, dan android kini terus melakukan update sistem operasinya agar semakin friendly dan semakin canggih. Namun sistem operasi android ini masin memiliki kekurangan, salah satunya adalah terlalu banyak aplikasi bawaan ( BLOATWARE ) yang terpasang pada sistem android.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Tanpa Root

Bloatware tersebut biasanya merupakan aplikasi bawaan dari google, seperti playstore, gmail, google maps, layanan blablabla dll. Namun terkadang ada juga aplikasi bawaan dari iklan, seperti aplikasi “du booster”, aplikasi game dll, Google memiliki alasan karena dia telah menggatiskan penggunaan OS android untuk digunakan oleh vendor smartphone di dunia, namun ada syarat yang harus dipatuhi, salah satunya adalah wajib menginstall apliaksi bawaan yang google tentukan, hmm mau tidak mau ya harus dipenuhi, siapa yang berani melawan raksasa internet yang satu ini ? simbah GOOGLE, hehehe.

Karena banyaknya aplikasi yang terpasang pada android akan membuat RAM semakin sesak, dan pastinya akan membuat jengkel bukan ? RAM sudah pas pasan, ehh malah banyak terpasang aplikasi yang terkadang gak pernah digunakan atau kita tidak tau fungsinya untuk apa. Namun aplikasi bawaan ini tidak bisa anda hapus begitu saja, biasanya apabila ingin menghapus aplikasi bawaah ini, smartphone kita harus dalam keadaan root terlebih dahulu. Namun trik yang saya bagikan kali ini tidak perlu menggunakan akses root segala, anda cukup menggunakan aplikasi CC Cleaner yang bisa anda unduh di playstore, hmm penasaran gimana caranya ? simak tutorial mengenai cara menghapus aplikasi bawaan tanpa root dibawah ini.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Tanpa Root

  • Pertama, anda unduh dulu aplikasi CC Cleaner di playstore terdekat, ehh maksud saya di playstore smarphone anda, hehe.
  • Setelah terpasang, kemudian buka aplikasinya.
  • Lalu tap menu yang ada di pojok kiri atas dan pilih App Manager.
    Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root
  • Pada menu App Manager ada 3 tab yaitu, Installed, System dan Disabled. 
  • Installed berisi aplikasi yang sudah anda install baik dari Play Store maupun non Plays Store.
  • System berisi aplikasi system dan bloatware smartphone anda, di tab inilah kita akan menghapus aplikasi bawaan. 
  • Kemudian geser ke kanan ke tab System. Akan muncul peringatan yang mengingatkan bahwa “menghapus aplikasi system akan menyebabkan masalah, jadi pastikan anda tahu apa yang anda lakukan”. Pilih OK.
  • Lalu tap pada icon tong sampah. Kemudian centang aplikasi yang ingin anda hapus/uninstall.
  • Setelah anda yakin akan menghapus aplikasi, tap Uninstall lalu akan muncul peringatan kedua, jika anda benar benar yakin  ingin menghapus aplikasi anda --> tap uninstall
    Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root
  • Selesai, anda berhasil menghapus aplikasi bawaan sistem android anda.

NOTE : Sebaiknya jangan sembarangan menghapus sistem bawaan android jika anda belum tau fungsi dari aplikasi yang ingin anda hapus, bisa saja android anda tidak bisa berjalan dengan baik apabila ada aplikasi yang sangat dibutuhkan untuk menjalankan android anda tapi malah anda hapus aplikasi tersebut. Saya tidak bertanggung jawab apabila ada kerusakan/kesalahan sistem android anda.
Nah, itulah artikel mengenai Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root WORK 100% semoga bermanfaat dan dapat membantu anda, terima kasih telah berkunjung.

0 Response to "Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root WORK 100%"

Post a Comment