Perbedaan Web Statis dan Web Dinamis

Web berdasarkan teknologinya dibagi menjadi dua, yaitu Web Statis dan Web Dinamis. Sebelum lanjut ke perbedaan antara web statis dan web dinamis, alangkah baiknya kita bahas mengenai persamaannya terlebih dahulu. Persamaan web statis dan web dinamis adalah sama-sama keduanya merupakan suatu website yang menampilkan halaman yang ditampilkan di internet dan memuat informasi tertentu. Selanjutnya akan kita bahas pengertian dan perbedaan web statis dan web dinamis. Cekidot guys..

Pengertian Web Statis dan Web Dinamis

Perbedaan Web Statis dan Web Dinamis

1. Web Statis
Web statis adalah website dimana pengguna tidak bisa mengubah konten dari website tersebut secara langsung dengan menggunakan browser. Interaksi yang terjadi antara pengguna dan server hanyalah seputar pemrosesan link saja. Halaman halaman web tersebut tidak mempunyai database, data dan informasi yang ada pada web statis tak berubah-ubah terkecuali diubah sintaksnya. Dokumen web yang dikirim pada client akan sama isinya dengan apa yang ada pada web server.

Contoh dari web statis adalah web yang berisi profil perusahaan. Dimana hanya ada beberapa halaman saja dan kontennya hampir tak pernah berubah karena konten langsung diletakan dalam file HTML saja.

2. Web Dinamis
Apa itu web dinamis? dalam web dinamis, interaksi yg terjadi antara pengguna dan server sangatlah kompleks. Seseorang bisa mengubah konten dari halaman tertentu menggunakan browser. Request atau permintaan dari pengguna bisa diproses oleh server yang kemudian akan ditampilkan dalam isi yang berbeda-beda menurut alur programnya. Halaman-halaman webnya memiliki database. Web dinamis, memiliki data serta informasi yang berbeda-beda tergantung input apa yang disampaikan dari client. Dokumen yang sampai di client berbeda dengan dokumen yang ada di web server.

Contoh dari web dinamis adalah portal berita dan jejaring sosial. Coba amati web tersebut, isinya sering diperbaharui (di-update) oleh pemiliknya. Bahkan untuk jejaring sosial sangat sering di-update setiap hari.

Perbedaan Web Statis dan Web Dinamis


  • Interaksi antara pengunjung dan pemilik web

Dalam web statis tak dimungkinkan terjadinya interaksi antara pengunjung dengan pemilik web. Sementara pada web dinamis terdapat interaksi antara pengunjung dengan pemilik web seperti memberikan komentar, transaksi online dan lain sebagainya.


  • Bahasa Script yang digunakan

Web statis itu hanya menggunakan HTML saja, atau paling tidak bisa ditambah dengan CSS. Sedangkan pada web dinamis menggunakan bahasa pemrograman web yang lebih kompleks seperti PHP, ASP dan JavaScript.


  • Penggunaan Database

Web statis itu tidak memakai database karena tidak ada data yang perlu disimpan dan diproses. Sedangkan pada web dinamis menggunakan database seperti MySQL, Oracle, dll untuk menyimpan serta memroses data.


  • Konten

Konten pada web statis hanya diberikan oleh pemilik web dan jarang di-update atau diperbarui, sementara konten yang ada dalam web dinamis bisa berasal dari pengunjung dan lebih sering di-update. Konten dalam web dinamis dapat diambil dari database sehingga isinya pun akan berbeda-beda walaupun kita membuka web yang sama.

Bagaimana? sudah mengerti mengenai perbedaan web statis dan web dinamis, jika masih belum paham bisa ditanyakan dikomentar. Terima kasih telah membaca.

Baca juga Cara menghubungkan android ke TV LCD

0 Response to "Perbedaan Web Statis dan Web Dinamis"

Post a Comment