Cara Menggunakan GPS Di Android

Cara Menggunakan GPS Android - Dalam memaksimalkan fungsi sebuah hanphone smartphone android terutama dalam penggunaan GPS, maka dari itu kali ini saya akan membahas mengenai Cara Menggunakan GPS Di Android. Karena biasanya kebanyakan orang tidak benar-benar dalam menggunakan handphone android nya dengan maksimal, padahal smartphone yang sudah terbilang canggih itu bisa kita maksimalkan fungsi atau penggunaaanya yang utama dalam menentukan lokasi peta yaitu dengan aplikasi yang sudah pasti terinstal di setiap handphone dengan sistem android seperti Samsung, Advan, Xiaomi, Redmi, Zenfone, Lenovo, dan lain sebagainya


Cara Menggunakan GPS Di Android

Cara Menggunakan GPS Di Android

Apa nama aplikasi tersebut? Aplikasi ini bernama Maps. Maps merupakan sebuah aplikasi yang bisa kita gunakan/operasikan untuk melihat atau menentukan peta tempat secara online maupun offline, maksud dari offline itu sendiri adalah kita bisa melihat peta tanpa perlu koneksi atau terhubung ke internet atau tanpa menggunakan biaya internet/kuota jika peta itu sudah tersimpan. Jadi meskipun ketika kita kehabisan paket data atau kuota, kita akan tetap bisa melihat dan menentukan peta secara offline, dan kabar baiknya aplikasi ini merupakan aplikasi gratis yang disediakan oleh pihak google, jadi tidak perlu beli.

Misal dalam penggunaan aplikasi ini adalah saat kita dalam perjalanan yang belum pernah kita kunjungi sebelumnya, misalnya kita lagi pergi ke JAKARTA, kota yang memiliki banyak sekali jalan-jalan yang membuat kita bingung seharusnya dari arah mana kita lewati atau dari jalan manakah jalan yang paling dekat untuk menuju lokasi yang akan dituju dari lokasi tempat kita berdiri. Tanpa basa-basi lagi, langsung simak cara berikut ini.

1. Langkah awal yang harus kita lakukan yaitu aktifkan terlebih dahulu pengaturan GPS di android kita, dengan cara dari "Pengaturan" lalu pilih " Layanan lokasi", pada bagian ini pilih atau centang pilihan Gunakanlah satelit GPS serta Pencarian Lokasi agar sistem gps di hanphone smartphone kita aktif. Untuk penggunaan cara ini mungkin berbeda disetiap tipe hanphone android yang kita miliki, namun setidaknya ada persamaan sedikit, pahami saja.

2. Langkah berikutnya Setelah GPS nya aktif, buka aplikasi "Maps". Cara ini dikhususkan pada aplikasi maps yang belum diperbaharui yaitu versi 6.14.3. kenapa kok menggunakan versi yang ini? Yap, karena menurut saya kebanyakan orang belum mengupgrade atau memperbaharui aplikasi maps nya dari playstore.

3. Untuk menentukasi titik tepat lokasi tempat kita saat ini adalah dengan cara memilih tombol kecil dengan garis empat kecil di sekelilingnya, lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.

Cara Menggunakan GPS Di Android

Cara Menggunakan GPS Android - Tombol ini berfungsi untuk menentukan atau mencari lokasi tepat dimana kita ada saat ini, apabila maps anda sudah diperbaharui, tombol ini berada dipojok bawah kanan. Dengan perbedaan aplikasi yang sudah diperbaharui atau belum bagi saya tidak terlalu sulit untuk memahaminya dan sangat mudah untuk dipahami meskipun bagi orang awam. Karena saya yakin pasti anda akan dengan mudah akan mengerti. Agar android tepat dalam menentukan lokasi kita, disarankan agar berdiri dibawah langit biru yang cerah, jangan didalam ruangan seperti didalam rumah atau dibawah pepohonan. Jika sudah tepat akan terliat titik biru kecil dengan lingkaran yang kecil yang menandakan tepatnya lokasi kita berdiri saat ini. Apabila lingkarannya besar itu menandakan bahwasannya lokasi tersebut tidak tepat.
Titik biru ini akan mengikuti kita apabila kita berjalan. Nah, dari sinilah kita bisa mengetahui jalan-jalannya.

4. Bagaimana untuk mencari jalan yang terdekat? Untuk mencari jalan yang paling dekat ke lokasi yang akan kita tuju bisa dilakukan dengan cara memilih tombol seperti kaca pembesar lalu ketik dipencarian lokasi yang kita tuju. Contohnya saya ingin mencari “ayam bakar manis” dalam pencarian. Setelah ketemu lalu pilih Get Directions, maka secara otomatis maps akan mencari jalan yang paling dekat untuk menuju lokasi yang ingin anda kunjungi tersebut. Sekarang kita tinggal ikutin titik biru kita sampai menuju ke lokasi yang akan kita tuju.

5. Untuk menyimpan peta secara offline, dapat dilakukan dengan cara pilih tombol kiri handphone kita, kemudian pilih "Make available offline". Geser dan perbesar atau perkecil sampai kotaknya tidak merah lagi. Kemudian pilih done.
Dengan aplikasi ini kita akan sedikit terbantu dalam perjalanan kita dan tentunya akan membantu kegiatan sehari-hari kita.

Itulah Cara Menggunakan GPS Di Android. Mudah bukan? selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Terima kasih telah membaca.

Baca juga :



3 Responses to "Cara Menggunakan GPS Di Android"

  1. udah tau sih sebenernya
    Tapi tangan gatel pengen komen XD
    nais inpoh gan

    ReplyDelete
  2. aplikasi pihak ketiga juga ada gan, yang lebih baik dari aplikasi bawaan

    ReplyDelete