Apa itu SMS Gateway? Pengertian SMS Gateway

Pengertian SMS Gateway - Ada yang belum tahu mengenai pengertian dari SMS Gateway? berikut penjelasannya. SMS gateway merupakan sebuah sistem aplikasi yang umumnya digunakan untuk mengirim juga menerima SMS, yang biasanya digunakan pada aplikasi bisnis, baik untuk kepentingan broadcast promosi atau sering disebut dengan Bulk SMS, servis informasi terhadap pengguna, penyebaran content produk, jasa dan lain-lain.

Pengertian SMS Gateway

Apa itu SMS Gateway? Pengertian SMS Gateway

Apa itu SMS Gateway? Pengertian/Penjelasan SMS Gateway

Agar dapat membuat sebuah SMS gateway, anda harus terlebih dahulu mengenal dan mempelajari hal-hal  yang berhubungan dengan SMS gateway tersebut. Salah satu hal yang berperan penting penting dalam pengiriman SMS adalah SMSC ( Short Message Service Center ) yang merupakan jaringan telepon selular yang menangani hal pengiriman SMS.

Jadi, pada saat seseorang mengirimkan pesan SMS melalui ponsel, SMSC-lah yang bertugas mengirimkan SMS tersebut ke nomer tujuan.
Jika nomer yang dituju tidak aktif atau Hangus, maka SMSC akan menyimpan SMS tersebut dalam kurun waktu tertentu. Jika SMS tetap tidak dapat dikirim sampai kurun waktu berakhir, maka SMS akan di hapus dari file penyimpanan SMSC.

Umumnya aplikasi SMS gateway dapat menggunakan jalur SMSC untuk pengoperasiannya. Keuntungannya yaitu penggunaan nomer pendek/short code yang mungkin dapat terdiri dari 3 sampai 4 digit saja misalnya 252, 14045, dll.

Contohnya adalah seperti anda mengikuti pooling SMS dalam sebuah Acara TV, nomer pendek atau short code ini disediakan oleh pihak operator jaringan SMSC. Jalur SMSC juga dapat mengirimkan SMS dalam jumlah yang banyak dan dalam kurun waktu yang cepat/singkat. Namun, untuk membuat SMS gateway dengan menggunakan jalur SMSC, kita diharuskan memiliki sambungan ke operator seluler, dan hal ini bukanlah hal yang mudah untuk pembisnis dalam skala mikro ataupun perorangan.

Kebanyakan layanan ini digunakan jika aplikasi kita itu dapat menghasilkan lalu lintas SMS yang banyak.
Ada alternatif infrastruktur yang lebih sederhana dan mudah didapatkan, yaitu membuat SMS gateway dengan menggunakan sebuah ponsel atau modem GSM/CDMA berfungsi sebagai media pengiriman/penerima SMS. ponsel atau modem GSM/CDMA tersebut terpasang pada sebuah komputer.

Sudah pasti SMS tersebut sebenarnya tetap terkirim melalui jalur SMSC, tetapi hanya saja melalui rute yang sedikit lebih panjang karena tidak mempunyai sambungan langsung ke SMSC. Karena itu, kapasitas dan kecepatan pengirimannya tak secepat  menggunakan sambungan langsung ke SMSC.
Karena relatif lebih gampang untuk diimplementasikan, SMS gateway dengan menggunakan ponsel / GSM/CDMA modem cukup berkembang dan telah banyak digunakan sekarang.

Lalu apa bedanya jika menggunakan ponsel, modem GSM, atau modem CDMA? Apakah pilihan terbaik? Itu sangat tergantung pada kebutuhan anda sendiri, modem GSM/CDMA memang di desain bisa bekerja untuk keperluan SMS gateway, memiliki peforma yang baik dan stabil dibandingkan dengan ponsel yang biasa.

Namun, penggunaan ponsel untuk hal SMS gateway juga dapat dipertimbangkan apabila sistem SMS gateway yang digunakan tidak terlalu berat dan masih dapat ditangani oleh ponsel.
Sedangkan untuk modem GSM/CDMA, sesuai dengan namanya dibedakan oleh jaringannya, apakah menggunakan GSM atau CDMA. Untuk saat ini modem GSM lebih banyak digunakan karena jaringan GSM itu sendiri lebih stabil.

Pada Modem CDMA tetap menjadi alternatif menarik yang mungkin berguna untuk kondisi tertentu. Misal jika anda memiliki perhitungan biaya pulsa yang lebih murah, atau kebanyakan penerima SMS dari sistem SMS gateway anda kebanyakan menggunakan ponsel CDMA.

Proses kerja modem GSM/CDMA mirip dengan modem dial up yang kebanyakan di gunakan untuk sambungan internet memalalui line telepon. Perbedaannya yaitu modem dial-up mengirim dan menerima data melalui line telepon, sedangkan modem GSM/CDMA ini mengirim dan menerima data melalui gelombang radio.

Namun itu dulu, sekarang sudah tersedia yaitu Online SMS Gateway, sehingga anda tidak perlu membeli Software Khusus atau Hardware Khusus , anda hanya perlu mengunjungi Penyedia layanan Online SMS Gateway, daftar dan login ke dengan akun anda, dan silakan mengirim sms sesuka hati anda.

Kebutuhan SMS Gateway 
Keperluan Perangkat Keras 
Utk keperluan SMS Gateway tak terlalu belebihan & serta fleksibel dikarenakan mampu dibuat dgn
komputer ataupun laptop. Yg utama dibutuhkanadalah satu buah computer,
satu buah telephone seluler / modem
Kabel data (Kabel berantarmuka serial yg bisa menghubungi ponsel dgn Computer) atau dapat munggunakan InfraRed & perangkat lunak lain sbg SMS Gateway.
Utk memakai InfraRed anda membutuhkan sebuah telepon selular yg pula mempunyai media tsb, namun tak dianjurkan utk kepentingan SMS gateway dikarenakan komunikasi dgn InfraRed tak terlalu baik dan seandainya tergeser akan mudah putus.

Keperluan Software 
Menggunakan Linux untuk Operating Sistem, Distro nya yakni Redhat Ver. 7.2.
MySQL Ver. 3.23.52 Max sbg Database Server &
GNOKII  ini juga sebagai SMS Gateway.
memakai Nokbe SMS Gateway (berbasis Java serta dapat jalan di Linux ataupun Windows)
MySQL juga sebagai Database Server
Nokbe SMS Gateway menyarankan anda buat memanfaatkan modem GSM seperti Wavecom demi kelancaran komunikasi data & kecepatan pengiriman SMS.

SMS Gateway Menggunakan GNOKII 
Proyek Gnokii ini ditujukan utk pengembangan tools & driver untuk MobileDevice Nokia yg memakai sistem Linux, FreeBSD & *Nix Yang Lain. Dgn gnokii ini kita dapat mengirim/menerima SMS, menciptakan panggilan, atau sekedar terhubung phonebook, bersama dengan kata lain kita sanggup memanfaatkan fasilitas-fasilitas yg dipunyai telephone seluler brand Nokia atau selular yg support AT serta-merta dari pc, tetapi tak seluruh product Nokia yg di support oleh gnokii. test

SMSD (SMS Daemon) 
SMSD (SMS daemon) merupakan modul acara untuk menerima & mengirim SMS yg bekerja dgn memanfaatkan SQL server utk penampungan seluruh inbox & outbox yg ada di seluler kamu. Sampai dengan version ini baru memberi dukungan dgn 2 modul database adalah MySQL dan PostgreSQL.

Itulah artikel mengenai Apa itu SMS Gateway? Pengertian SMS Gateway. Setelah membaca ulasan diatas mungkin akan membuat anda mengerti mengenai penjelasan dari sms gateway. Terima kasih telah membaca.

TAG : pengertian sms gateway menurut para ahli cara kerja sms gateway definisi sms gateway pengertian gammu penjelasan lengkap tentang sms gateway manfaat sms gateway sms gateway adalah pdf cara membuat sms gateway

2 Responses to "Apa itu SMS Gateway? Pengertian SMS Gateway"

  1. Trima kasih mas, jdi ngerti skarang.
    Mampir jga ke www.geniuz-blog.my.id

    ReplyDelete
  2. Terima kasih atas info nya ban :D

    ReplyDelete