Cara Upgrade Dan Mengganti RAM Laptop

Cara Upgrade RAM Laptop - Untuk memaksimalkan performa anda laptop dalam menjalankan aplikasi yang membutuhkan banyak memory, tentu saja memory RAM sangat berperan penting.
Meskipun processor yang anda gunakan memiliki kemampuan yang mumpuni, itu tak akan dapat berfungsi dengan maksimal apabila memory RAM yang anda gunakan tidak mendukung atau tidak dapat mengimbangi kualitas dari processor yang terpasang pada laptop anda.

Mengupgrade RAM atau menambah RAM tentu saja perlu dilakukan apabila memang dibutuhkan tapi jika memory RAM yang terpasang pada laptop anda sudah memiliki kualitas RAM yang tinggi yang sudah sebanding dengan kualitas processor yang anda gunakan maka proses mengupgrade RAM boleh anda abaikan.

Cara Upgrade RAM Laptop 

Cara Upgrade Dan Mengganti RAM Laptop

Spesifikasi memory RAM yang terlalu minim, misalnya katakanlah RAM 2 gb dan processor yang digunakan adalah core i3 atau core i5 yang akan menjadikan komputer anda lambat khususnya pada saat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus pada saat yang bersamaan.

Pastinya anda sudah tahu bukan bahwa fungsi dari memory RAM ialah untuk menyimpan data sementara sebelum dieksekusi memalui processor, jadi bisa anda bayangkan bagaimana jadinya apabila banyak data tersimpan pada memory pada saat bersamaan sementara kapasitas yang dimilikinya sangatlah terbatas, tentu saja kapasitas memory RAM tersebut akan full, sehingga menjadikan performa laptop anda jadi lemot alias lambat atau biasa disebut LAG.

Untuk mengatasi permasalahan di atas, anda boleh melakukan upgrade/menambah kapasitas memory RAM, dan pastinya dengan memory RAM yang kapasitasnya lebih tinggi dari sebelumnya. Berikut ini adalah sedikit referensi untuk mengupgrade memory RAM komputer atau laptop anda.

1. Pertama yang harus diperhatikan pada saat mengganti memory RAM ialah anda harus memperhatikan tipe dari memory RAM yang terpasang pada motherboard anda, dan mengupgradenya dengan type yang sama, misalnya apabila komputer atau laptop anda menggunakan DDR2 2gb dan apabila anda ingin mengupgradenya menjadi 4 gb, maka anda harus menyediakan memory dengan tipe yang sama yaitu DDR2.
Jika slot mainboard  pada laptop anda menyediakan 2 slot untuk memory RAM, maka anda boleh menambahkan RAM DDR2 2 gb 1 lagi, jadi total memory RAM akan menjadi 4 gb, dengan RAM 4GB ini, laptop anda akan terasa lebih cepat..

2. Apabila anda sudah mengetahui dan sudah menyediakan memory RAM yang akan anda upgrade maka selanjutnya silahkan anda buka cashing cpu atau laptop anda menggunakan obeng pembuka, dan jangan lupa terlebih dahulu mematikan komputer atau laptop anda.
Lihat slot memory yang ada pada mainboard anda dan pasang memory RAM yang telah anda sediakan, perlu diperhatikan dalam pemasangan memory RAM pada slot mainboard harus tepat, perhatikan pin memory jangan sampai pemasangannya terbalik.

3. Apabila pemasangan memory RAM pada slot mainboard telah selesai, tutuplah kembali cashing komputer atau laptop anda, dan sekarang laptop atau komputer anda yang telah anda upgrade dari 2 gb menjadi 4 gb tersebut siap untu anda gunakan.

Baca juga Cara Setting Wifi Laptop Tidak Bisa Connect

Nah, itulah sedikit referensi yang bisa anda baca sebelum anda melakukan proses upgrade RAM Laptop, terima kasih telah membaca artikel mengenai Cara Upgrade Dan Mengganti RAM Laptop Semoga bermanfaat.

TAG : ASUS, ACER, SAMSUNG, TOSHIBA, HP, DEL, LENOVO.

0 Response to "Cara Upgrade Dan Mengganti RAM Laptop"

Post a Comment