Cara Mempercepat Koneksi Internet Android Agar Stabil

Cara Mempercepat Koneksi Internet Android - Pada zaman sekarang sudah banyak smartphone-smartphone canggih dan didukung dengan jaringan 4G, namun di indonesia hanya operator-operator atau ISP tertentu saja yang suport jaringan 4G LTE, bahkan di area-area tertentu masih ada yang hanya terjangkau oleh jaringan 2G atau EDGE. Banyak ISP yang ada di indonesia seperti telkomsel, smartfren, indosat, tri, xl, axis dll, anda bisa memilih mana yang paling bagus menurut anda. 

Memiliki koneksi dewa alias ngebut memang dambaan semua orang, dengan koneksi yang cepat dan stabil kita bisa lancar dalam berselancar di dunia maya, yang suka download file dengan kapasitas besar dan yang suka streaming tentu saja akan sangat senang apabila mendapatkan koneksi super ngebut. Bayangkan bila koneksi anda sangat lambat, misal 10kb/s, mau facebookan saja sangat lemot ya, apalagi buat download, bisa-bisa dari pagi sampai malem gak kelar-kelar tuh proses downloadnya, hahaha. Oke kembali ke topik pembahasan, kali ini saya akan bagikan mengenai Cara Mempercepat Koneksi Internet Android Agar Stabil, baiklah langsung simak saja dibawah ini.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Android

Cara Mempercepat Koneksi Internet Android Agar Stabil

Cara Mempercepat Dan Menstabikan Koneksi Internet di Android

1. Pilih Operator Seluler Atau ISP Terbaik 

Dalam hal memilih opsel ini tergantung selera anda masing-masing, pastikan opsel yang anda pakai adalah opsel yang jaringannya paling bagus atau paling mendukung di daerah anda, setelah memilih opsel yang sesuai, selanjutnya anda tinggal pilih harga paket yang pas dikantong, hehehe.

2.  Setelan Jaringan Ke 3G

Biasanya banyak yang tak menghiraukan akan setelan jaringan ini, namun ini adalah setelan yang penting, dan sudah saya buktikan, dulu saya mencoba menyetel jaringan android saya ke GSM/WCDMA mode OTOMATIS, namun hasilnya kurang maksimal. 

Kemudian saya coba ganti setelan ke WCDMA saja atau 3G ONLY, dan hasilnya sangat memuaskan, jaringan pada android saya selalu 3G.Untuk menyetel jaringan pada smartphone android v4.2 ada pada > SETELAN > SELENGKAPNYA> JARINGAN SELULAR > LAYANAN 3G. Perhatikan lokasi anda juga, jika anda di goa mau disetel jaringan mode apapun tetap gak dapat sinyal, hahaha.   

3. Gunakan Browser Yang Ringan Dan Cepat

Browser juga sangat mempengaruhi kecepatan internet anda, usahakan memilih browser yang ringan dan cepat dalam berselancar ria. Saya rekomendasikan memakai opera mini atau UC Browser, karena menurut pengalaman saya itu adalah browser yang ringan dan cepat. 

4. Rajin-rajing Menghapus Cache

Selain memperlambat kinerja smartphone anda, cache yang menumpuk terlalu banyak juga bisa mengganggu kestabilan koneksi internet. Tentunya anda tidak ingin koneksi internet yang tadinya ngebut menjadi lelet gara-gara banyak cache yang menumpuk.

Anda harus rajin-rajin membersihkan cache dalam smartphone anda minimal 3 hari sekali atau seminggu sekali, saya sarankan menggunakan aplikasi CC Cleaner. Anda bisa mengunduhnya di playstore.

5. Matikan Aplikasi Tidak Penting

Jika anda terlalu banyak menjalankan aplikasi yang memerlukan koneksi internet tentu akan memperlambat koneksi jaringan anda, semisal anda sedang mengunduh file namun anda  masih menjalankan aplikasi lain semisal bbm, messenger, atau browsing, sebaiknya kalau anda sedang mengunduh file jangan lakukan hal lain dahulu sebelum file yang anda unduh mendarat dengan selamat pada ponsel anda.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Android - Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan, jika ada masukan atau kritikan silakan berkomentar dengan sopan. Terima kasih.

Baca Juga :

0 Response to "Cara Mempercepat Koneksi Internet Android Agar Stabil"

Post a Comment